Bilik Belajar Murni Ramli

Pendidikan adalah hal yang sejak kecil hingga kini kudapatkan baik di sekolah, keluarga maupun lingkunganku. Tapi belum pernah kutekuni apa sebenarnya `Pendidikan` itu. Bilik ini adalah ruang belajarku memahami apa makna pendidikan yang berhasil ditangkap oleh mata dan batinku. Sebagian adalah figure pendidikan di Jepang, tempatku sekarang belajar menyelami makna kata `pendidikan`

Friday, June 16, 2006

Penelitian yang Mubazir

Dari mana harus memulai penelitian ? Apa yang harus diteliti ? Siapa yang harus dijadikan objek penelitian ?

Pertanyaan-2 tersebut adalah hal yang tidak mudah untuk dijawab.
Pembelajaran saya akhir2 ini dipenuhi dengan ide `research`. Di kelas, diskusi, dan seminar yang saya hadiri, semuanya menampakkan nuansa ketidakpercayaan diri tentang penelitian yang akan,sedang atau telah dilakukan.

Ketika saya kuliah di IPB, banyak sekali penelitian bermutu yang dihasilkan oleh mahasiswa, dosen yang ternyata tak bernilai apa2 ketika saya bertemu muka dengan petani. Banyak karya kita yang tidak bisa mereka aplikasi, tidak membumi. Universitas bagai menara gading.
Pun ketika saat ini saya berada di Jepang, begitu banyak penelitian tentang pendidikan yang telah dilakukan, tetapi para guru di sekolah2 tidak mengetahuinya. kalaupun mereka mengetahuinya, tak dpat pula mereka menerapkannya.

Banyak teori tentang perbaikan dan pengembangan sekolah yang disusun sehingga menjadi buku panduan, lengkap dengan struktur dan step penerapannya. Tetapi itupun tidak juga menarik minat para pendidik di sekolah2.

Penelitian semestinya berakar dari masalah yang dihadapi oleh guru, murid atau orang tua di sekolah. Ketika sebagian besar siswa tidak dapat lulus ujian, maka perlu diteliti mengapa dan bagaimana memecahkan masalah ini. Ketika angka bunuh diri, absensi bahkan keengganan bersekolah meningkat, maka harus dibuat penelitian dari sekolah dan keluarga. Pun ketika organisasi sekolah tidak bisa berkembang baik, maka teori seharusnya lahir dari permasalahan yang dihadapi di sekolah.

Jika penelitian berbasis sekolah dilakukan, maka tentunya hasil yang diperoleh tidak bisa berlaku sama di seluruh negeri, sebab objek penelitian memiliki kondisi yang berbeda. Sama halnya dengan ketika semua orang mengatakan School Based Management adalah sistem yang jempolan saat ini dan hendaknya diterapkan di semua negara termasuk Indonesia saat ini, maka yang akan terjadi adalah kebingungan di kalangan para pendidik di lapangan.

Agar penelitian tidak mubazir, maka hendaklah bersumber dari fakta dan masalah yang nyata.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home